ArtikelKegiatanOrganisasiPilar 1

Pelantikan Pengurus HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia) Prov. Jawa Barat

Pelantikan Pengurus HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia) Prov. Jawa Barat

 

Pada hari Sabtu, 18 Maret 2023 yang bertempat di Auditorium Poltekkes Kemenkes  Bandung diadakan acara pelantikan pengurus HAKLI Provinsi Jawa Barat.

Acara dimulai mulai pukul 09.00 Wib. Acara dihadiri oleh Ketua HAKLI Pusat yaitu Prof. Dr. H. Arif Sumantri, SKM, M. Kes. Acara berlangsung khidmat dan diikuti sebanyak kurang lebih 200 orang yang hadir secara offline dan online.

Acara pelantikan diikuti oleh kurang lebih 50 orang pengurus yang dilantik oleh Bapak Prof. Dr. H. Arif Sumantri, SKM, M. Kes. didampingi Bapak Bambang Lukisworo, SKM serta dipimpin oleh seorang pemuka agama dalam pengambilan sumpah pengurus HAKLI Prov. Jawa Barat. Setelah acara pengambilan sumpah dan pelantikan pengurus HAKLI Prov. Jawa Barat dilanjutkan dengan acara pengambilan sumpah profesi Kesehatan Lingkungan.  

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang dimulai dari Ketua HAKLI Pusat. Beliau menyampaikan bahwa secara umum seluruh HAKLI di Indonesia kedepannya akan menghadapi tantangan besar. Hal tersebut terkait, transformasi kesehatan, dengan inti penekanan pada Promotif dan Preventif.

Sambutan kedua dari Ketua HAKLI Prov. Jawa barat terpilih yaitu Bapak Pujiono, SKM., M. Kes. Sebagai Ketua terpilih Bapak Pujiono mengungkapkan, semoga dirinya bisa menghasilkan pengurus yang bisa membantu pelayanan pemerintah di bidang kesehatan lingkungan khusunya Provinsi Jawa Barat. Gubernur Jawa Barat yang diwakili oleh Ibu drg. Emma Rahmawati, M. K .M. Beliau menyampaikan bahwa “Tidak hanya dengan berkolaborasi dengan pemerintah saja, sebagai organisasi profesi yang bergerak di bidang kesehatan lingkungan HAKLI itu organisasi, harus bergandengan dengan organisasi-organisasi kesehatan juga dengan organisasi-organisasi lingkungan salah satu contoh komunitas kelompok masyarakat yang bergerak dalam lingkungan pengelolaan sampah misalnya komoditas yang bergerak dalam pengolahan sumber dan lain sebagainya”.

Dalam mewujudkan Jawa Barat Zero New Stunting, Pemerintah Daerah Provinsi Jabar melakukan berbagai upaya secara kolaboratif. Jabar Zero New Stunting merupakan program unggulan Gubernur Jawa Barat dalam mendukung program nasional untuk menurunkan prevalensi tengkes ( stunting ), dengan target capaian pada 2023, yakni 19,2 persen. 

Upaya kolaboratif dilaksanakan sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting yang mengamanatkan, bahwa percepatan penurunan stunting harus dilaksanakan secara konvergen, holistik, integratif, dan berkualitas melalui kerja sama multisektor di pusat, daerah, hingga desa. 

Ketua PP HAKLI juga memberikan bibit pohon sebagai simbol penyerah tugas jabatan agar rekan-rekan seprofesi bersinergi membangun Indonesia Sehat.

apt. Ellen Stephanie Rumaseuw, M. Farm.
Bidang Teknologi Informasi dan Humas, PD IAI Jabar 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *