OrganisasiPilar 5Technology

IAI Jabar Fasilitasi Inkubator Bisnis Apoteker melalui SMESX 2023

Pameran SmesX yang bertajuk “2023 UMKM Melesat” berhasil menjembatani UMKM dengan berbagai pemangku kepentingan. Acara yang digelar di Studio CGV Grand Indonesia tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan baik dari akademisi, pelaku bisnis, serta pemerintahan. Salah satunya adalah Ikatan Apoteker Indonesia Daerah Jawa Barat yang turut ambil peran untuk memfasilitasi optimalisasi UMKM kesehatan pada 2023 mendatang.

Pentingnya perubahan yang signifikan dalam sektor ekonomi berbasis kesehatan ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi serta memperkuat ekosistem kesehatan nasional paska pandemi Covid-19. Hal ini sesuai dengan agenda B20 yang mengedepankan isu ekonomi hijau, perempuan dan UMKM, serta kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Pengurus Daerah IAI Jawa Barat (PD IAI Jabar), apt. Catleya Febrinella, dan apt. Syah Akbarul Adha selaku Ketua Bidang Bisnis PD IAI Jabar hadir juga bekerja sama dengan Farmaklik dan Smeshub menawarkan program inkubator bagi para apoteker untuk mengoptimalisasi UMKM Kesehatan Secara Nasional khususnya Jawa Barat.

Pada kesempatan tersebut,  apt. Catleya Febrinella, S.Si., MM selaku ketua IAI Jawa Barat menyampaikan aspirasinya.  “Program kerja IAI Jawa Barat memiliki visi yang selaras dengan para pemangku kepentingan ekosistem kesehatan. Kolaborasi strategis lintas sektor ini diharap akan mampu mendukung kemajuan UMKM di 2023” terang dia. Dengan meningkatkan kualitas pelayanan apoteker di fasilitas kesehatan, misi bersama untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan Indonesia yang kuat dapat terwujud.

Tak hanya dihadiri oleh pelaku bisnis semata, gelaran SmesX juga dihadiri oleh Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, Akbar Himawan, Wakil Ketua DPD RI, Sultan Najamudin, serta Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pajaitan yang hadir secara daring.

“Momentum ini menjadi starting point program inkubator bisnis apoteker di Jawa Barat. Saat ini terdapat 16.000 apoteker dan 6.600 apotek yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat dengan potensi pemberdayaan dan impact yang luar biasa besar untuk kesehatan masyarakat Indonesia khususnya Jawa Barat,” papar Syah.

https://www.liputan6.com/regional/read/5109734/iai-jabar-fasilitasi-inkubator-bisnis-apoteker-melalui-smesx-2023

https://www.tribunnews.com/regional/2022/12/08/melalui-smesx-2023-iai-jabar-fasilitasi-inkubator-bisnis-apoteker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *