ArtikelEksternal

Hari Gizi Nasional 2023 “Cegah Stunting Dengan Protein Hewani”

Hari ini, Rabu, 25 Januari 2023 diperingati sebagai Hari Gizi Nasional (HGN) ke-63. Hari Gizi Nasional adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya mencukupi kebutuhan gizi seimbang guna menunjang pertumbuhan tubuh dan kesehatan masyarakat Indonesia.

Mari kita bahas sejarahnya.

Hari Gizi Nasional dipelopori oleh Bapak Gizi Indonesia, Prof. Poorwo Soedarmo. Pada 1950, Menteri Kesehatan Dokter J. Leimena mengangkat Prof. Poorwo Soedarmo sebagai kepala Lembaga Makanan Rakyat (LMR) yang saat itu lebih dikenal sebagai Institut Voor Volksvoeding (IVV).
 
IVV merupakan bagian dari Lembaga Penelitian Kesehatan yang dikenal sebagai Lembaga Eijckman. Pada 25 Januari 1951, LMR melakukan pengkaderan tenaga gizi Indonesia dengan mendirikan Sekolah Juru Penerang Makanan. Sejak saat itu, pendidikan tenaga gizi terus berkembang pesat di banyak perguruan tinggi di Indonesia.
 
Kemudian disepakati bahwa tiap 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional. Hari Gizi Nasional pertama kali diadakan oleh LMR pada pertengahan 1960-an, kemudian dilanjutkan oleh Direktorat Gizi Masyarakat sejak 1970-an sampai saat ini.

Tema Hari Gizi Nasional tahun ini adalah “Protein Hewani Cegah Stunting”
 
Tahukah wargi apoteker jawa barat, jika protein hewani berperan sangat penting untuk mencegah stunting?
 
Pangan hewani mempunyai kandungan zat gizi lengkap loh, cukupi kebutuhan protein hewani & vitamin untuk mendukung pertumbuhan & perkembangan.
 
Mari bersama jaga kebutuhan nutrisi pada ibu hamil, ibu menyusui, bayi dan balita dengan memperkaya protein hewani pada setiap makanan yang dikonsumsi.
 
#pdiaijabar #ProteinhewaniCegahStunting #HGN2023 #CegahStuntingItuPenting #IsiPiringku #apoteker #germas #promkes #apotekerjabarmotekar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *